Festival Betawi – Hut Jakarta

Categories Festival Betawi, Hari Spesial

Permisiii.. *ngomong sambil nyapu dan lap-lap blog*

Udah 2 minggu ga update, bukan ga ada bahan yang mau dijahit diomongin tapi belakangan emang lg males banget ngeblog *ketularan virusnya Dani* :p

Ok mari kita mulai *kaya Bu Guru yah (lirik Memy)* πŸ˜€

HariΒ Sabtu kemaren kan Jakarta Ultah yeh, jadi pan orang-orang banyak yang ber-partisipasi nih bikin acara dalam menyambut ultah nya sang Ibu Kota ini. Nah kebetulan daerah rumah aye yang emang kawasan kampoeng betawi, ikut ber-partisipasi juga. Woro-woro nya udah 3 minggu sebelum hari H. Jalanan seperti biasa deh yeh di tutup tuh dari ujung ke ujung. Sebenernya sih ganggu banget, kalo misalnya tetiba kita ada urusan dadakan yang mesti keluarin mobil, kan jadi susah. Naek taxi pan tau sendiri yeh mahal.. napa jadi curhat nih gw :p

Singkat cerita, hari minggu kemarin dimulai lah itu acara. Panitia nya bergaya ala Abang None, Ibu-ibu sama Bapak-Bapak nya pake baju ala betawi juga. Ga ketinggalan ada Tanjidor juga tuh. Terus sepanjang jalan ada gubukan-gubukan yang mamerin makanan betawi sama peralatan nya. Ada yang dijual danΒ ada juga yang cuma buat pajangan. Semua nya serba Jadoel deh alias Vintage alias gw buanget ini :p

IMG_20130623_092001_wm

Nah itu tuh Jawara nya pas lagi buka acara nya πŸ™‚

ondels

Ondel-ondelnya πŸ™‚

alat minum

Jadoel yah, percaya tak? gw demen lho peralatan model beginian, waktu dulu gw pernah ke Surabaya, terus ga sengaja gw nemu toko peralatan rumah tangga, pas masuk mata gw langsung tertuju sama tempat nasi yang terbuat dari besi yang bolong-bolong gitu, langsung aja gw beli dua, warna putih sama warna aslinya yang steinless itu. Belom gw foto nih, tar kalo gw foto, gw masukin IG aja deh yah *narsis* hahahaha

kembang goyang

Dari kertas didepan kue ini sih namanya Kembang Goyang. Gw ga ngerti goyang dimananya πŸ˜€

kuweh2

Nah tuh penampakan kue-kue nya, kemaren gw beli KUE CINCIN *paporit gw banget* yang kata sebagian orang namanya KUE ALI yah, terus Geplak, Bir Pletok, Combro, Akar Kelapa sama Biji Ketapang. Buanyak yeh, itu belum seberapa, mau beli semua jenis tadinya tapi setelah dipikir-pikir, siapa yang mau makan kalo gw beli semuanya *macam banyak duit aza pun gayaku :p*

toples

Asli, gw suka lho liat toples-toples itu, apalagi kalo ada yang ngasih udah sama isi nya :p

radio

AHA!!! itu Radio vintage abis deh, aku sukak! Ini gw foto ditempatnya orang yang jual dodol, ketan dan uli,Β terus nyempil deh ini Radio. Gatel lah ini tangan pengen foto hihihi *Jepretttttt*

Seru yah ada acara beginian, bener-bener ditampilin banget semua khas betawi nya. Semoga tahun depan diadain acara beginian lagi dan lebih seru lagi acaranya dari yang ini πŸ™‚

Happy Weekend, ALL πŸ™‚

Β 

Mother of 3M

34 thoughts on “Festival Betawi – Hut Jakarta

  1. ngeliat di igram minggu lalu … huwaaahh jejeritan sendiri “aku mau jajanan ituuhh”

    pas liat acaranya di Cipedak, langsung diem deh. Gak tau cipedak itu ada dimana.

  2. Baca ini serasa lagi denger orang betawi lagi ngomong, Ye, hehe…

    Barang-barang jadul tuh memang keren ya Ye…aku juga naksiirrr πŸ˜€

    Itu katanya namanya kembang goyang krn utk bikinnya perlu digoyang2 gitu, Ye πŸ˜€

  3. keren juga ya ada acara fetival begindang…
    oia yaa kan disana deket juga ama setu babakan kampung betawi juga kan ya maak…:D

  4. wah mak ganti templete yah main dimari kapan hari masih pake templete yang lama..:) selamat ultah untuk JKT yah mak..sorry telat..banget..eh ngikutin di tipi itu gubernurnya merakyat banget gitu ikut arak arakan..terharu lho aku ngelihatnya sampai pingin nangis..asli nggak lebay..semoga jakarta makin maju yang jelek jelek seperti macet dan banjir cepat teratasi….
    eh mak mau komentar itu kue kembang goyang tuh kesukaanku banget…hehehe kenapa disebut kembang goyang karena pas membuatnya itu di goyang goyang jadi supaya keluar dari cetakannya…terlepas terus kering jadi kayak kerupuk itulah kembang goyang…duh jadi kangen sama kue ini…:)

  5. Wuaaaahh.. sama dong Mak, eyke juga paling demen perabot yang vintage-vintage xD
    Dibilang kembang goyang soalnya pas dilepas dari cetakannya harus digoyang-goyang gitu, Mak. Kreatif ya kasih namanya πŸ˜€

  6. ahh…kue cincin,,,kembang goyang mau, ada wajik, geplak sama ongol2 ga mba ? hehehe

    Kembang goyang kan namanya sesuai dengan cara bikinnya mba, jadi pertama celupin bahannya dicetakan berbentuk kembang, trus masukin ke minyak yang panas sambil digoyang biar keluar dari cetakannya, ga lama mateng angkat deh *kalo orang betawi mah tau aja yah*

    Tempat nasi bolong2, aku pernah liat di ace..halah harganya ga nahan mahal bener..
    kalo dipasar masih suka ada yang jual tuh, tapi ga tau harganya berapa.

  7. eyampun itu radionyaaaaa unyu pisaaaan. Betewe Ye, yg tempat nasi bolong2 ituh, di rumah mamahku masih banyaaaak, sebutannya kalo di sana ‘sangku’ heuheu

  8. Mungkin kembang goyang krn bikinnya digoyang2 kali ye. #ngarang :p. Eh itu radio jaduuul… tu kan radio nenek gw jaman dulu mirip bgt. Dulu gw kyknya masih blm masuk TK, suka gw main2in. Kl punya nenek gw kecil, ada puteran dua di pinggirnya. Itu frekuensinya mirip bgt, dan punya nenek gw tu ada bungkus plastiknya gitu ye. Macam screen protectorkali ya.hahahaha…

  9. oh itu kalimat pembukanya kemaren keposting gak sengaja ya ye? ternyata ada lanjutannya ya. hahaha

    seru ya festivalnya… πŸ™‚

  10. Ok mari kita mulai *kaya Bu Guru yah (lirik Memy)*

    >> bujug dah, aye kagak pernah ngomong: ‘Ok mari kita mulai….’. Kok kayak guru di drama TVRI ajah πŸ˜† Aku biasanya ngomong: ‘Yuk, dimulai sekarang ya cynnnn…..’ – #GAULGAGAL

Terima kasih atas komen nya ^.^